Pengangguran Professional

10 Pekerjaan Yang Sering Dikira Pengangguran

Pada era digital, punya pekerjaan resmi atau tidak bukanlah hal yang penting. Selama kita punya penghasilan rutin, seharusnya hal itu tidak menjadi masalah.

Namun hidup di negara Indonesia dengan masyarakat yang masih menilai seseorang dari pekerjaannya adalah tantangan sendiri untuk Digital Workers, karena walaupun mereka sudah bekerja siang-malam, belum tentu orang lain melihatnya begitu. Pernah punya tetangga yang sampai saat ini bertanya-tanya apa sih pekerjaan Anda?

Kalau pernah, jangan khawatir karena anda tidak sendirian. Berikut ini 10 jenis pekerjaan yang sering dianggap penggagguran di Indonesia:

1. Professional Hobbies
Pekerjaan yang terbaik di dunia adalah hobi yang dibayar. Begitu kata pepatah. Namun tidak begitu kenyataannya.

Melakukan hobi yang anda suka adalah salah satu cara yang paling rentan untuk dianggap pengangguran. Apalagi kalau hobi tersebut tidak terlihat menghasilkan.

Sebut saja misalnya hobi yang berhubungan dengan binatang seperti pelihara kucing, anjing, burung, reptil, kura-kura, jangkrik atau bahkan semut Jepang. Begitu juga dengan tanaman, sebagian besar orang akan menganggap anda main-main ketika bilang pekerjaan utama anda adalah memelihara anggrek.

Hobi yang mahal pun masih sering dianggap remeh kalau anda belum berhasil. Misalnya seperti hobi fotografi, surfing, atau hobi balap, apalagi kalau cuma balap karung tingkat RT.

2. Gamer
Menjadi seorang gamer profesional adalah hal yang sangat absurd dalam pandangan masyarakat kita. Jelas saja tidak masuk akal kalau main game bisa menjadi pekerjaan utama.

Walaupun sebenarnya industri game adalah tambang uang yang sangat besar. Hanya beberapa professional gamer yang benar-benar bisa menghasilkan uang. Jadi label pengangguran yang menempel di dahi para gamers saat ini masih sulit dilepaskan.

3. Designer
Tahukah anda kalau kualitas design asal Indonesia banyak diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia? Hal itu disampaikan oleh Willix Halim yang merupakan Vice President of Growth Freelancer.com yang merupakan situs freelance terbesar di dunia.

Sayangnya menjadi designer mandiri tidak membuat kamu kebal dari tuduhan pengangguran. Walaupun sering nongkrong di cafe atau kemana-mana pakai kaos dengan design ekslusif, tetap saja kolega anda bilang kalau anda tidak punya pekerjaan.

4. Youtuber
Profesi sebagai Youtuber baru ada beberapa tahun belakangan. Tetapi tak kalah diminati sebagai sumber pendapatan. Di negara kita tercinta ini pun sebenarnya banyak yang tiap bulan menerima kiriman dolar dari iklan Youtube. Pekerjaannya tiap hari merekam acara televisi lalu mengunggahnya ke Youtube agar dapat ditonton oleh keluarga kita di luar negeri.

Belum lagi yang memang menjadi Artis Youtube seperti Bayu SKAK dan Raisa (Ya, Raisa dulunya adalah artis Youtube). Mereka sekarang menikmati ketenaran menjadi artis dunia maya dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta.

Namun, sebelum sampai disitu, siap-siaplah anda di cap sebagai pengangguran yang suka nonton video abu-abu.

 

5. Internet Marketer
Terdengar keren ya? Tapi begitu ditanya paman anda yang usianya sudah 50 tahun dan anda menjawab bahwa pekerjaan anda adalah Internet Marketing, maka dia akan membalas dengan pernyataan singkat yang menohok hati, “Oohh.. Sales…”

Internet marketing adalah semua pekerjaan yang berhubungan dengan jual-menjual secara online, baik itu barang fisik atau digital. Tapi hati hati kalau anda menjual barang ke Amerika dan mengambil supplier dari China. Karena kalau hal itu anda ceritakan ke calon mertua, dia hanya akan mengangguk dan tersenyum sambil bilang “eekkebo” dalam hati.

6. Blogger
Menjadi penulis adalah pekerjaan yang sejak lama susah diakui keberadaannya, terutama kalau anda belum punya buku atau sudah menerbitkan buku tapi belum laku.

Menjadi penulis online bahkan tidak diakui sebagai pekerjaan kecuali oleh teman-teman sesama blogger. Padahal dunia online tidak akan pernah ada kalau tidak ada tulisan. Teks adalah bentuk komunikasi awal di internet sebelum adanya gambar dan video.

Tetapi meskipun tetangga kerap bingung kalau anda terima gaji di kantor pos via Western Union, mereka tetap akan menganggap anda pengangguran, apalagi kalau anda sering bergadang malam-malam karena kejar setoran.

7. App/Game Developer
Punya smartphone? Tentu anda tahu kalau setiap dari setiap app atau game yang di download, seseorang di luar sana dengan senang hati menerima kiriman gaji. Mereka itu adalah developer.

Developer besar mempunya kantor dan team. Tapi tak sedikit developer individu yang bekerja sendirian di ujung rindu. Gajian bisa setiap minggu, tapi apa daya kekasih tak jua datang walau telah lama ditunggu.

Meskipun prestasi developer lokal Indonesia tak dapat di remehkan, tetap saja penghuni kontrakan sebelah menganggap anda sebagai species langka, setengah mahasiswa setengah pengangguran.

8. Translator
Apakah anda pernah bertemu dengan seseorang yang bekerja sebagai translator? Jangan-jangan anda tidak tahu kalau ternyata pekerjaan ini ada?

Seorang translator bersertifikat bisa bekerja dari mana pun di ujung bumi pertiwi asalkan masih terkoneksi dengan internet. Dokumen resmi dan rahasia biasanya dikirimkan melalui email kepada translator untuk diterjemahkan sesuai pesanan.

Karena banyak yang tidak memahami cara kerjanya, maka banyak translator yang ‘nyambi’ jadi guru atau dosen daripada di cap sebagai pengangguran di desanya.

9. Makelar
Istilah PALUGADA sangat populer di tahun 1990an. Saat ini pun jenis pekerjaan ini bertransformasi sesuai perkembangan teknologi, sekarang namanya jadi broker untuk barang mahal seperti properti, dan menjadi dropshipper untuk barang yang lebih terjangkau.

Menjadi dropshipper adalah pilihan yang simpel untuk calon pengusaha pemula, selain karena tidak perlu modal banyak, menjadi dropshipper dapat mengasah insting bisnis dan mempertajam intuisi dalam membaca peluang pasar.

Namun, resiko terberat menjadi dropshipper adalah dianggap pengangguran yang tiap hari kerjanya cuma chattingan, smsan atau telponan dengan mantan, padahal sedang melayani pelanggan. Sungguh kesian.

10. Traveller & Backpacker
Nah, profesi yang sering dianggap sebagai pengangguran luntang lantung adalah traveller, rider atau backpacker. Karena tiap hari mereka jalan-jalan dari kota ke kota, seolah-olah tak bisa kerja.

Padahal menjadi traveller adalah salah satu pekerjaan paling asyik di dunia. Anda dibayar oleh sponsor atau bisa mendapat uang dengan menjadi penulis, fotografer atau reporter sambil berkelana.

Sayangnya, meski sudah memakai kaos National Geographic original, pekerjaan anda menjadi tidak bermakna karena kemanapun kamu pergi, kamu bertemu traveller wannabe yang bisanya cuma seflie. Walhasil kamu ketularan dapet stempel pengangguran gara-gara kelakuan alay kurang kerjaan.

Apapun itu, jangan sampai predikat pengangguran menghalangi anda dari berkarya dan berkreatifitas, karena menjadi pengangguran yang berpenghasilan itu keren!

Tahukah anda kalau saya bisa dapatkan $600 lebih dari SATU video yang saya posting di Youtube setahun lalu?

Setelah anda memahami POLA dan STRATEGI menggunakan Youtube dengan benar, anda pun bisa menerapkannya di bisnis apapun yang sedang anda jalankan saat ini. Pelajari selengkapnya di ebook Mini Guide Youtube Strategy.

DOWNLOAD SEKARANG JUGA!

54 thoughts on “10 Pekerjaan Yang Sering Dikira Pengangguran

    1. Coba rubah pertanyaannya gan “bagaimana caranya saya berpenghasilan 1M?”. Kalo agan bisa jawab pertanyaan itu, berarti agan sudah selangkah lebih dekat menuju 1M, hehehe

      1. Bisa banget om.. Pilihannya begini

        Jual 1 produk seharga 1 M, atau..
        Jual 10 produk seharga 100 juta, atau..
        Jual 100 produk seharga 10 juta, atau..
        Jual 1,000 produk seharga 10 juta, atau..
        Jual 10,000 produk seharga 1 juta, atau..
        Jual 100,000 produk seharga 100 ribu, atau..
        Jual 1,000,000 produk seharga 10 ribu

        Pilih mana?

        1. Saya jual satu gede 10 m keatas karena jual property kawan saya direct owner.berartu bisa dong…hehe.insyaallah……tk ilmu yg sangat bermanfaat ….amin.biar…sukses step2nya apa ya boss…

  1. SIp sip… Kurang lebih seperti itu. tp itu dulu. akhir-akhir ini semakin banyak yg mengerti, bahkan pengangguran semakin diminati untuk dijadikan profesi :)..good luck para penganggur Indonesia.

  2. Sangat benar karena pikiran orang-oang yang belum melek teknologi sekarang, mencari uang itu ya harus ikut orang kerja di kantor pakai dasi kemeja terus keren tapi ya maklumi saja, kalau dijelaskan secara mendetil dengan orang yang berpikir kurang visioner dan masih memegang teguh mindsetnya kerja itru harus berangkat pagi pulang sore ya mau bagaiamana lagi? yaudah gapapa ko, whatever people saya about you , enjoy your life with your passion and jobs :O

    Ridho Illyasa

  3. hahah bener dah pokoknya. Tapi yang penting jangan sombong meskipun kerja di rumah penghasilan melimbah. Kalau ada tetangga yang curiga dan tanya aneh-aneh, tanggapi saja dengan jawaban yang mulia. Kalau tetangga nggak ngeh, kasih senyum aja deh 🙂

  4. asegg…ada temannya jadi pengangguran yang bisa dikatakan semacam kreatif getu loch……salam kenal untuk para mastah pengangguran

  5. saya sedang menekuni bisnis offline , sebagai produsen makanan. semuanya saya kerjakan sendiri mulai proses pembuatan sampai ketangan konsumen sbg produk siap konsumsi. pekerjaan ini memberikan saya banyak tugas. ketika saya memutuskan untuk hanya menjadi produsen saja dan menyerahkan tugas pemasaran kepada rekan kerja saya … woow kapasitas produksi saya berpotensi harus naik sampai 100 x bahkan mungkin sampai 1000 kali lipat bahkan lebih , sekarang saya bingun bagaimana meningkatkan kapasitas produksi saya ???

  6. Ada 1 lagi yang mungkin dikira penggangguran, jasa olah data, kan tetangga mungkin gak tau kalo kita lagi ngolahin data anak2 kuliah yang lagi skripsi…hehehe…

  7. Sudah lebih dari 10 tahun saya hobby ngeblog dan belajar SEO, tapi baru beberapa bulan belakangan saya terjun full time sebagai praktisi Jasa SEO yang nota bene memang lekat dengan predikat pengangguran

  8. klo sy nubitol smua soal diatas, skr cm belajar ngeblog dlu. Pengen di bimbing sm mastah disini. Om andro tolong bimbing sy trutama soal yutub om. itu dlu yg pengen sy bs, yg lain ntar deh, tkot gagal fokus

  9. Kebanyakan penyedia jasa sering dianggap orang adalah pekerjaan yang dikira pengangguran…karena tidak terlihat berangkat dan pulang seperti jam kantor. Berarti kesimpulannya adalah orang yang bekerja adalah seorang karyawan, bukannya bos ya…heheheee…

  10. Saya ini pengangguran yang udah lama jg gaa punya pekerjaan tetap.. Tpi kdang sya bingung mw mulai darimana kadang mlah tdkut duluan mw kerja . maklum saya hanya lulusan smp ..gimana ni para blogger mohon bantuanya ya
    .ini sya bner2 btuh share dri pada kwan semua blogger baru atau lama . kalo ada tlong krim ke almt e-mail sya yahh…

    1. Format jawabannya kurang lengkap..

      Seharusnya begini:

      “Saya kerja sama perusahaan dari Amerika yang kantor cabangnya ada di Singapura, untungnya posisi saya sebagai Content Creator memungkinkan saya untuk bekerja dari rumah”

      😀

Leave a Reply