Growth Hacking Teknik - Grivy.co.id

13 Contoh Teknik Growth Hacking ini ‘Dicuri’ dari eCommerce Besar Indonesia Agar Dapat Diterapkan di Toko Online Anda Sekarang Juga!

Mari kita mulai dengan apa itu Growth Hacking?

Istilah Growth Hacking lebih di kenal di kalangan start ups dan developers. Dalam dunia Internet Marketing sendiri kata Growth Hack jarang dipakai. Hal itu tidak mengherankan karena teknik Growth Hacking sendiri tidak jauh berbeda dengan Digital Marketing. Hanya saja para Growth Hackers lebih menekankan pada analisa data dalam setiap keputusan yang dia buat.

Untuk mendapatkan gambaran lebih dalam mengenai makna Growth Hacking, berikut ini adalah definisi yang telah saya ambil dari beberapa sumber…

[Ask@DailySocial] Apa Itu Growth Hacking?

Growth hacking, pada dasarnya adalah sebuah aktivitas yang fokus untuk menumbuhkan angka metriks melalui rangkaian metode, eksperimen dan testing yang terukur. Metriks yang dimaksud disini adalah ukuran yang dianggap penting untuk layanan web/mobile anda, bisa berupa traffic (visitors, pageviews), engagement (retweet, facebook share, etc), action (pembelian, download, sign up), revenue atau metriks apapun yang menjadi perhatian di bisnis anda.

Pengertian Growth Hacking lebih dalam ditulis oleh Mas Agung Cahyadi disini:

Apa Definisi dan Bagaimana Cara Menjadi Seorang Growth Hacker – A startup kid

Andrew Chen menjelaskan bahwa growth hacker is the new VP marketing, lebih detilnya dia menulis bahwa seorang growth hacker adalah kombinasi antara marketer dan programmer; seseorang yang menelisik jawaban dari “Bagaimana menjual sebuah produk?” dengan A/B testing, optimasi email marketing dan sebagainya. Aaron Ginn mendefinisikan growth hacker sebagai “one who’s passion and focus is pushing a metric through use of a testable and scalable methodology“. Menurutnya esensi growth hacker adalah kreatifitas dalam mencari metode pertumbuhan (growth) yang dapat terus diulang (scalable). Menurutnya, tujuan akhir seorang growth hacker adalah membangun sistem/mesin pemasaran yang dapat menyentuh jutaan konsumen secara otomatis. Definisi simpel growth hacker yang dapat kutemukan adalah seseorang yang prioritas utamanya adalah pertumbuhan.

Menjadi seorang Growth Hacker, meski terlihat menyenangkan, tapi ternyata tidak begitu mudah. Banyak hal yang harus dikuasai oleh seorang Growth Hacker. Seperti yang diungkapkan oleh Mbak Annisa Purbandari ini:

Syarat Menjadi Seorang Growth Hackers

Untuk menjadi searing Growth Hacker, dibutuhkan beragam kemampuan dari mulai skill SEO, UX, guerilla marketing, social network, email marketing hingga analisa. Kombinasi kemampuan membaca market, mengolah data, hingga membuat konten menarik. Growth Hacking yang pernah dilakukan Hotmail adalah mengirimkan “PS I Love You” dengan link untuk mendapatkan layanan email gratis.

Nah, meskipun untuk menjadi seorang growth hackers adalah sesuatu yang ekslusif dan membutuhkan usaha yang keras, bukan berarti kita tidak bisa menerapkan prinsip-prinsip teknik Growth Hacking dalam pemasaran online.

Begitu anda memahami beberapa pola dasar dari teknik Growth Hacking, anda langsung bisa menerapkannya di toko online, blog, ataupun situs jasa anda.

Setelah saya mencoba menjelajahi beberapa situs e-commerce di Indonesia. Saya menemukan beberapa hal yang menarik. Inspirasi ini terutama untuk anda yang mempunyai toko online/ecommerce dan saat ini sedang berusaha menaikkan jumlah pelanggan anda. Beberapa ide berikut bisa anda terapkan untuk promosi anda nanti:

1. BOBOBOBO  menawarkan voucher senilai Rp. 75.000 untuk Pembelian Pertama.

Growth Hacking Teknik - Bobobobo.com

2. BERRYBENKA juga menawarkan voucher belanja untuk First Time visitor.

Growth Hacking Teknik - Berrybenka.co.id

3. Tidak hanya voucher senilah 7r5b, ZALORA juga menawarkan diskon 18% untuk pembelian pertama menggunakan aplikasi mereka, smart…

Growth Hacking Teknik - Zalora.co.id

4. Ada berapa teknik Growth Hacking yang dipakai oleh TOKOPEDIA di bawah ini?

Growth Hacking Teknik - Tokopedia.com5. Karena lagi musim liburan, BLIBLI menawarkan sesuatu yang lebih menarik. Selain voucher 100ribu, mereka juga mengadakan kontes GRATIS ke JEPANG.Growth Hacking Teknik - BliBLi.com

6. LAZADA sudah melakukan hal ini sejak lama, bahkan mungkin yang pertama di Indonesia.

Growth Hacking Teknik - Lazada.co.id

7. Bayangkan Anda baru pertama kali mengunjungi MATAHARIMALL dan mendapatkan penawaran sebagai berikut.

Growth Hacking Teknik - MatahariMall.com

8. BHINNEKA sebagai electronics good retailer asli Indonesia, tidak mau ketinggalan.

Growth Hacking Teknik - Bhinneka.com

9. Walaupun sudah berusaha menerapkannya, tapi RAKUTEN tidak mengakuisisinya dengan begitu baik. Apakah anda bisa menemukan iklan yang menarik pembeli pertama di halaman ini?

Growth Hacking Teknik - Rakuten.co.id

10. Sepertinya BLANJA yang merupakan mitra ebay dan dikelola oleh perusahaan plat merah, terlihat enggan menerapkan strategi ini. Hanya menggunakan teks iklan kecil di ujung halaman. Sayang sekali..

Growth Hacking Teknik - Blanja.com

11. ELEVENIA menerapkan promosi yang agak ‘ribet’, saya penasaran berapa user baru yang mereka dapatkan dengan cara ini.

Growth Hacking Teknik - Elevenia.co.id

12. Ada yang mengenal GRIVY?

Growth Hacking Teknik - Grivy.co.id

13. TIKET.COM masih menggunakan ‘teknik lama’ untuk menambah jumlah subscriber mereka.

Growth Hacking Teknik - Tiket.com

Nah, sudah ada gambaran bagaimana cara menaikkan pelanggan anda? Sebelum anda menerapkannya lebih jauh, saya ingin anda tahu bahwa saya sedang menulis ebook Study Case mengenai teknik Growth Hacking yang telah saya lakukan dan berhasil mendapatkan 8606 subscriber dalam waktu 14 hari. Tetapi walaupun begitu, saya tetap tidak mendapatkan uang sepeserpun dari sana.

Saya tidak ingin anda mengulangi kesalahan yang telah saya lakukan. Apabila anda ingin belajar dari kesalahan saya, silahkan masukkan email anda lalu ajak 3 orang teman untuk mendaftar dan anda akan dapatkan ‘Early Invitation’ untuk mendownload ebook tersebut ketika diterbitkan.

One thought on “13 Contoh Teknik Growth Hacking ini ‘Dicuri’ dari eCommerce Besar Indonesia Agar Dapat Diterapkan di Toko Online Anda Sekarang Juga!

Leave a Reply