cara-membentuk-habit-baru

Bagaimana Membentuk Kebiasaan Baru yang Lebih Baik

cara-membentuk-habit-baru
Salah satu cara untuk terus bertumbuh dan bertambah baik adalah dengan memperbaiki habit atau kebiasaan.

Seperti pepatah yang bilang:

“Perhatikan Kebiasaanmu, Karena itu akan menjadi Karaktermu”

Om Yodhia Antariksa juga telah menjelaskan dengan ciamik tentang bagaimana membentuk habit untuk membangun kebiasaan hidup bagus di video ini:

Yang perlu digaris bawahi adalah WILL POWER dan KONSISTENSI.

Will Power itu ibarat starter mobil, tetapi tenaganya terbatas setiap hari. Sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membangun habit utama (Keystone Habit) yang nantinya habit utama tersebut akan menular ke habit yang lainnya.

Contohnya, kalau anda biasa bangun terlambat sehingga seharian jadi bad mood dan tidak produktif sepanjang hari, maka bisa jadi Keystone Habit yang perlu Anda bentuk adalah: bangun lebih pagi.
Atau buat Muslim, Keystone Habit yang setiap hari harus dilakukan adalah sholat 5 waktu. Maka gagal melaksanakan sholat dengan sempurna bisa membuat hidup jadi berantakan.

Nah, untuk membantu Anda membentuk habit baru, maka beberapa hal ini perlu Anda perhatikan.

Pertama, temukan WHY atau niat yang kuat.

“Sekarang ini saya ingin menjadi lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Berbagi ilmu dengan cara yang bisa saya lakukan. Karena tanpa hal itu, hidup saya terasa hampa dan meaningless”, misalnya begitu.

Lalu, cari HOW atau caranya.

Cara yang dimaksud disini adalah hal yang bisa Anda lakukan secara rutin. Di era digital ini banyak cara untuk berbagi ilmu, bisa lewat tulisan, gambar ataupun video. Untuk contoh diatas misalnya “Saya akan menulis setiap hari di Facebook dan blog sebagai cara untuk mengembangkan diri saya sekaligus berbagi manfaat dengan orang lain”.

Selanjutnya, temukan TRIGGER atau pemicu.

Agar Anda bisa memulai kegiatan rutin tersebut setiap hari.

Bisa dengan membuat jadwal rutin, alarm pengingat, atau sekedar menyiapkan pena dan kertas putih setiap pagi supaya anda terpicu untuk menulis.

Agar lebih memudahkan, Anda disarankan untuk memulai dengan rutinitas yang kecil dan sederhana. Lebih baik Anda mulai rutin menulis 1 paragraf untuk fase awal, lalu naik bertahap secara perlahan daripada Anda memicu diri dengan menulis 1 artikel setiap hari.

Ingat, will power Anda terbatas jadi sebisa mungkin tenaga Anda harus mencukupi untuk memicu Anda memulai habit baru.

Dan terakhir, berikan REWARD atau hadiah untuk diri sendiri.

Sekedar ucapan alhamdulillah dan syukur bisa menyelesaikan satu rutinitas kecil setiap hari pun sudah cukup.

Semoga hidup kita terus bertumbuh dan bertambah baik setiap hari.

One thought on “Bagaimana Membentuk Kebiasaan Baru yang Lebih Baik

Leave a Reply